Minggu, 01 Mei 2011

KOMUNIKASI DATA

Pengertian Komunikasi Data
komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet

  • Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:

J  Melalui Infrastruktur Terestrial 
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
J  Melalui Satelit 
Menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

Perangkat Keras Komunikasi

Untuk melakukan komunikasi data, diperlukan beberapa kebutuhan. Kebutuhan yang paling signifikan dan pertama kali harus diperhatikan yaitu kebutuhan perangkat keras komunikasi. Dalam bab ini akan dibahas beberapa kebutuhan perangkat keras dalam komunikasi data. Perangkat keras yang dibutuhkan pada dasarnya adalah pengirim, sistem transmisi , dan penerima data.


Perangkat komunikasi yang digunakan antara lain:

     a.       DCE (Data Communication Equipment)
Perangkat untuk menyalurkan informasi atau data antar lokasi yang berbeda
b.  DTE (Data Terminal Equipment)
Perangkat yang dapat mengirimkan dan/atau menerima isyarat data. 


PERANGKAT LUNAK KOMUNIKASI DATA
Perangkat lunak memungkinkan semua unit perangkat keras datacom bekerja sebagai suatu system. Sebagian besar perangkat lunak berada pada host dan front-end processor, tetapi sebagian dapat berada dalam cluster unit dan terminal. Bermacam-macam nama digunakan untuk perangkat lunak, tergantung pada lokasinya.
a. Perangkat lunak Pada Host
      Perangkat lunak datacom dalam host disebut telecommunication monitor (TCM).
b. Perangkat lunak dalam Front-end Processor
Nama perangkat lunak yang digunakan dalam front-end processor adalah network control program (NCP). Sebagi kecil fungsinya adalah :
1.      Menentukan jika terminal ingin menggunakan saluran.
2.      Memelihara catatan kegiatan saluran dengan memberikan cap tanggal dan waktu pada tiap pesan, beserta nomor seri unik.
3.      Mengubah kode-kode yang digunakan oleh  satu jenis peraltan (misalnnya IBM) kejenis lain(DEC)
4.      Melaksanakan fungsi penyuntingan pada data yang masuk dengan memeriksa kesalahan  dan mengatur kembali formatnya
5.      Memelihara statistic atas penggunaan jaringan

 fungsi yang dilakukan perangkat lunak TCM berbeda dari satu system ke system yang lain, umumnya TCM memungkinkan host untuk :
1. Menempatkan pesan dalam suatu urutan tertentu berdasrkan prioritasnya.
2. Melaksanakan fungsi keamanan dengan mempertahankan catatan kegiatan dari setiap terminal dan memeriksa apakah suatu terminal berwenang untuk mengerjakan tugas yang diminta.
3. Menghubungkan jaringan datacom dengan system manajemen database. Sebagian dbms mainframe memiliki versi untuk para pemakai jaringan.

0 komentar:

Posting Komentar